PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT SEMEN INDONESIA (PERSERO)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh bauran pemasaran dan saluran distribusi terhadap volume penjualan pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di wilayah distribusi kabupaten Lamongan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan sampel jenuh dan menggunakan data primer dengan membagikan kuesioner. Dengan 80 responden yang merupakan toko mitra PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Variabel bebasnya Bauran Pemasaran (BP) dan Saluran Distribusi (SD), sedangkan Variabel terikatnya Volume Penjualan (VP). Pengujian instrument pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabiliti. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dan dibantu menggunakan program komputer SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel bauran pemasaran berpengaruh positif tidak signifikan terhadap variabel volume penjualan pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di wilayah distribusi kabupaten Lamongan, sedangkan varaibel saluran distribusi berpengaruh positif signifikan terhadap varibel volume penjualan pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di wilayah distribusi kabupaten Lamongan.
Kata Kunci : bauran pemasaran, saluran distribusi